Karena Kebenciannya Kepada Ahok, Aa Gym Sebar Berita Hoax


Kasihan,,, karena kebencian kepada Ahok AA Gym Rela menghinakan dirinya sendiri dengan Menyebarkan berita HOAX..

PKSPUYENGAN.COM — Apa yang bisa diharapkan dari ulama yang suka menyebar berita hoax kepada pengikutnya selain kerusakan yang akan terjadi. Baru baru ini ulama sekelas Aa Gym menyebarkan berita hoax tentang banjir di Jakarta. Karena dilandasi kebenciannya kepada kinerja Gubernur Jakarta Basuki Tjahaya Purnama (Ahok) Aa Gym menulis,

“Innaalillahi, jakarta banjir lagi, semoga nanti Ada pemimpin jakarta yang rendah hati, tak ujub takabur merasa Sudah banyak berbuat,” tulis ustaz Abdullah Gymnastiar — atau yang akrab disapa Aa Gym — lewat akun Twitter-nya, @aagym.

Cuitan tersebut sebagai tanggapan Aa Gym atas satu berita tentang banjir yang terjadi di Kampung Pulo, Jakarta Timur.

Aa Gym pun melampirkan screenshot dari laman berita yang dimaksud.


Cuitan Aa Gym tentang Banjir di Kampung Pulo dapat anda lihat di Akun Twitter Aa Gym DI SINI

Namun, cuitan tersebut malah membuat pendiri Pondok Pesantren Daarut Tauhid itu menjadi bulan-bulanan netizen.

Adalah akun Dede Budhiyarto, @kangdede78, yang menurut pantauan kami, pertama kali mengoreksi soal foto banjir tersebut. Ia menuliskan, foto yang dilampirkan Aa Gym dalam berita tersebut adalah foto banjir 2 tahun lalu, yaitu dari berita banjir di kampung Pulo tanggal 23 Agustus 2015.


Berita tentang banjir di Kampung Pulo tahun 2015

Dengan disertai nada sinis, Dede menuliskan: “Krn diliputi kebencian, hatinya tidak bersih seorang udztad kondang posting foto 23 Agustus 2015.”

Bukan cuma Dede, akun @PakarLogika pun menanggapi: “Astagfirullah aa” ini postingan thn 2015 knp dijadikan fitnah?

Dan masih banyak lagi tanggapan senada.

Setelah kami telusuri, Aa Gym tidak keliru. Yang keliru adalah situs website yang Aa Gym ambil sebagai referensi berita.

Screenshot yang Aa Gym ambil itu dari situs berita Okezone.com berjudul ‘Jakarta Diguyur Hujan sejak Pagi, Kampung Pulo Banjir 50 Cm‘. Berita tersebut di-publikasikan pada Minggu, 12 Februari 2017 pukul 22:27 wib.

Dalam berita tersebut, foto yang dipakai adalah foto banjir luapan sungai Ciliwung pada tahun 2014 lampau. Dimuat oleh Okezone.com. Lihat berita fotonya di sini: Banjir Luapan Sungai Ciliwung


Foto tersebut kemudian dipakai lagi oleh Okezone pada 23 Agustus 2015 untuk memberitakan seputar banjir di Kampung Pulo.

Dan yang terbaru adalah foto tersebut digunakan untuk melaporkan banjir di Kampung Pulo pada Minggu, 12 Februari 2017 kemarin lewat berita berjudul ‘Jakarta Diguyur Hujan sejak Pagi, Kampung Pulo Banjir 50 Cm‘

Kembali ke cuitan Aa Gym. Selain mengomentari foto berita tersebut, netizen juga banyak yang menyindir dan membandingkannya dengan banjir di Garut, Bandung dan Nusa Tenggara Barat.

“garut banjir, bandung banjir anda gak komen? Oh karena bukan musuh politik..”

“NTB Banjir nya Ga Surut2 Om Udah Bulanan,, Padahal Pemimpin nya Katam Quran Tu,” tulis akun ‏@Tit0Pasa.

Banyak tanggapan dan mungkin koreksi atas gambar dan kebenaran berita tersebut, sepertinya AA Gym menghapus Twitnya. Namun ketika editor Katipol.com mencoba mencari kebenaran atas posting twitter tersebut, di google tweet tersebut masih terindeks. Copy dan pastekan kalimat tweetnya di google dan hasilnya terindeks dan ketika di klik atau linknya di buka, tweet tidak ditemukan lagi.


Tweetan Aa Gym Terkait banjir di Kampung Pulo 13 Februari 2017

Soal banjir yang terjadi di Kampung Pulo, Jakarta Timur pada 12 Februari 2017 itu sendiri masih simpang siur.

Sementara Okezone.com menyebutkan, berdasarkan informasi yang dihimpun dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ketinggian air di kawasan tersebut di kisaran 30 hingga 50 cm.

Sedangkan Kompas.com, berdasarkan penuturan warga, ketinggian air hanya semata kaki. Adapun detik.com melaporkan, ketinggian air di Kampung Pulo 10 cm.

Sampai berita ini dimuat tak ada klarifikasi dan permintaan maaf dari Aa Gym terkait cuitan Hoaxnya. Mungkin Aa Gym sudah bebas dari dosa sehingga bisa seenaknya menyebar berita hoax. (adm pp/katipol)


sumber:pkspuyengan.com

0 Response to "Karena Kebenciannya Kepada Ahok, Aa Gym Sebar Berita Hoax"

Post a Comment